KTP Berlaku Seumur Hidup

Warga yang sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau e-KTP sebenarnya tidak perlu mengurus perpanjangan masa berlaku KTP sekalipun ada batas berlaku yang tertera dalam KTP itu. Artinya, e-KTP yang sudah kedaluwarsa pun tidak perlu diperpanjang karena sudah berlaku seumur hidup.

Oleh karena itu tidak perlu takut dan khawatir ditolak saat menunjukkan e-KTP sewaktu ada razia kepolisian ataupun saat mengurus surat-surat penting di kantor/lembaga manapun. Ketentuan ini sudah diatur dalam UU 24/2013 pasal 64 ayat 7a sehingga warga yang masa berlaku KTP elektroniknya habis, selama itu tidak rusak, tidak usah melakukan perpanjangan. Itu berlaku seumur hidup,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor Dr. Oetje Subagdja, dalam sebuah keterangan pers di Bogor Rabu (21/4/2016).

Dia menjelaskan, dalam e-KTP yang terbaru saat ini memang ada masa berlaku yang tertulis berlaku seumur hidup. Namun, e-KTP yang sudah habis masa berlakunya pun, secara hukum masih sah dan tetap berlaku.

Dia menambahkan, “Bagi Anda yang masa berlaku e-KTP-nya habis, tidak perlu mengurus perpanjangan masa berlakunya lagi┬ákarena e-KTP tersebut masih tetap bisa digunakan, meski di dalam kolom berlaku terdapat tanggal kedaluwarsanya,”.

Hal ini menurut dia perlu disosialisasikan terus-menerus karena ternyata masih ada warga yang belum tahu aturan itu. Sehingga, masih banyak warga yang melakukan perpanjangan e-KTP yang habis masa berlakunya. Bahkan ada warga yang menjadi korban calo atau petugas yang menarik biaya untuk membuat e-KTP baru, padahal disitu ada tulisan masa berlaku seumur hidup.

Jadi, ingat e-KTP Anda saat ini sudah berlaku seumur hidup, tak perlu diperpanjang lagi setiap lima tahun. Kecuali Anda pindah domisili, status perkawinan, ganti kelamin, maka perlu dicetak ulang dengan data terbaru yang Anda miliki.

Comments

comments