PK KNPI Gelar Karnaval Budaya dan Santunan Yatim

PK KNPI Kecamatan Gunungputri menggelar sebuah acara bernuansa budaya dan santunan anak yatim di wilayah Desa Ciangsana. Acara dimulai dengan arak-arakan karnaval budaya dari Kantor Desa Ciangsana sampai ke lokasi lapangan bola choreh choxs, Jalan Dewa, Ciangsana.

Karnaval yang menampilkan kesenian dan kebudayaan Sunda ini dihadiri oleh ketua DPD partai Golkar Kabupaten Bogor, H. Ade Ruhandi yang biasa disapa Kang Ade Jaro, Kapolsek Gunungputri AKP Niih Hadi Wijaya, ketua PK.KNPI Kabupaten Bogor, Muhammad Burhani, seluruh Kepala Desa yang ada di Kecamatan Gunungputri, Para Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Desa Ciangsana, para budayawan, dan para sesepuh kasundaan dari Kabupaten Bogor.

Kegiatan inipun mampu mengundang ribuan masyarakat yang memadati lapangan sepak bola sebagai pusat ditampilkannya pagelaran kesenian dan kebudayaan.

Penyerahan pohon kepada Ketua PK KNPI Kecamatan Gunungputri sebagai simbolis dibukanya acara diberikan langsung oleh Sesepuh Kasundaan.

Setelah itu, pesta bumi atau sedekah bumi pun dilakukan dan di pimpin oleh Ustadz Surya dan tokoh masyarakat Desa Ciangsana. Serta menampilkan rajah bumi dan persembahan atraksi oleh Guriang tunggal Daniang Pajajaran.

Sedekah bumi ini di lakukan untuk mengucapkan rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Tang Maha Esa, yang telah memberikan rezeki dari berbagai hasil bumi.

Ketua KP KNPI Kecamatan Gunungputri, Udin Safutra mengatakan, digelarnya karnaval kesenian kebudayaan sunda agar para pemuda bisa selalu mengingat dan tidak melupakan kebudayaannya sendiri.

“Agar pemuda kita bisa bersatu, bisa menjaga, meneruskan dan melestarikan budaya, khususnya budaya Sunda,” terang Kang Udin.

Seluruh tokoh masyarakat, sesepuh Desa Ciangsana dan para budayawan kasundaan pun dihadirkan agar memberi contoh kepada generasi penerus.

“Para pemuda harus belajar kepada orang tua dan sesepuh, makanya saya mengundang seluruh sesepuh yang ada di Desa ciangsana untuk bisa menyontohkan hal-hal positif kepada generasi penerus agar mereka tidak lupa akan budayanya sendiri,” katanya.

Acara ini pun mendapat apresiasi positif dari ketua PK.KNPI Kabupaten Bogor, Muhamad Burhani.

“Suatu hal yang luar biasa dan unik dari berbagai acara yang digelar, pemuda di Desa Ciangsana ini melakukan terobosan yang baru untuk kegiatan kepemudaan, pemuda peduli kepada budaya. Di mana kita tahu, kalau pemuda sekarang kan lebih memilih hal-hal yang modern. Dan saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, semoga ini bisa menjadi contoh untuk seluruh pemuda yang ada di kabupaten Bogor khususnya,” tandasnya.  *(Anwar Mustopa)

Comments

comments