Desa Ciangsana Sambut Program Kotaku

Pemerintah Desa Ciangsana sangat antusias menyambut program KOTAKU (Kotaku Tanpa Kumuh) yang digulirkan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya dalam percepatan penanganan permukiman kumuh dan mendukung “Gerakan 100-0-100”, yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak. Program ini merupakan penanganan kawasan kumuh dengan membangun platform  kolaborasi melalui peningkatan peran pemerintah daerah dan partisipasi masyarakat.

Desa Ciangsana adalah salah satu desa di Kabupaten Bogor yang ikut berpartisipasi dalam proyek ini. Sebagai awal pelaksanaan program, Pemdes Ciangsana memilih Kampung Babakan RW 15 yang merupakan jalur strategis penghubung desa dengan perumahan Kotawisata. Wilayah ini perlu pembenahan dan penataan lebih lanjut karena menjadi sumbu penting bagi transportasi desa.

Pelaksanaan gerakan ini diawali dengan pembersihan saluran sepanjang jalan utama Gang Asem, perapian bangunan, dan pengecatan tembok-tembok pembatas jalan desa oleh gerakan sadar lingkungan BKM Ciangsana Sejahtera yang didampingi aparatur desa. Insya Allah, proyek Kotaku ini akan terus bersambung ke kampung-kampung lain hingga tak ada lagi kampung kumuh di Desa Ciangsana.

(Visited 7 times, 1 visits today)

Tanggapan

Komentar