Tahun 2018 BUMDes Ciangsana Siap Unjuk Gigi

Setelah lama dirancang dan digodog, dengan menimbang anggaran yang ada, akhirnya kepengurusan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) Ciangsana akhirnya terbentuk melalui rapat pelantikan pengurus BUMDes yang dilanjut rapat musrembang desa pada akhir tahun 2017 kemarin. Pelantikan kepengurusan BUMDes dengan nama “Mitra Warga Sejahtera” ini dihadiri oleh Kepala Desa Ciangsana, H.Kacan bin H.Naman, Ketua BPD Desa Ciangsana, para perangkat desa Ciangsana, serta tokoh masyarakat dan pemuda.

Desa Ciangsana sebagai desa yang punya visi menjadi desa mandiri, sudah seharusnya memiliki BUMDes yang bisa menjadi sumber pendanaan mandiri bagi masyarakat desa. Dengan demikian keuangan desa tidak sepenuhnya tergantung dari keuangan pusat/kabupaten. BUMDes tidak beda dengan BUMN, namun dalam level kelurahan/desa.

Ada banyak hal yang bisa menjadi program BUMDes. Misalnya, simpan pinjam, pengembangan potensi desa, penghubung antar produk desa dengan pasar di luar desa, hingga membuat pasar tradisional sendiri yang menjadi salah satu ciri desa mandiri.

Karena itu, mari kita sambut positif dengan diresmikannya BUMDes “Mitra Warga Sejahtera” Ciangsana. Semoga program-programnya bisa menambah manfaat yang sebesar-besarnya bagi warga desa Ciangsana.

 

 

(Visited 6 times, 1 visits today)

Tanggapan

Komentar